Selamat datang di blog seni budaya tempat sharing dan download materi seputar seni
BERSAMA MEMAJUKAN BUDAYA LOKAL
Channel Youtube:


Budaya Visual Timur , Kebudayaan Mesir Kuno

Posted by Kerta Seni on Saturday, June 1, 2019

illustrasi : sphynx dan piramida
Peradaban umat manusia dibangun oleh berbagai karya besar, antara lain karya budaya visual yang dapat diamati melalui indera penglihatan. Meskipun tidak secara langsung melihat objeknya, karya-karya itu dapat pula diamati melalui peragaan di museum, foto, gambar, atau rekaman visual Iainnya. Tingkat peradaban sebuah bangsa dapat diamati melalui tingkat pencapaian budaya yang tinggi. Banyak peradaban di dunia ini yang telah punah, tetapi tidak sedikit yang berlanjut hingga sekarang.



 
kondisi geografis peta mesir kuno
illustrasi : kondisi geografis peta mesir kuno

 Dalam sejarah kebudayaan dunia kita tentu telah mengenal kebudayaan Mesir kuno, Babilonia, Mesopotamia, Persia, Maya, dan berbagai kebudayaan besar Iainnya. Namun, dari sejumlah kebudayaan besar tersebut kebudayaan Yunanilah yang dinilai Oleh para ahli sejarah memiliki kesinambungan dengan kebudayaan yang sedang mengalami masa kegemilangan sekarang ini (kebudayaan Barat).
kerajaan mesir kuno adalah
illustrasi : proses pembangunan piramid
Kerajaan Mesir luno adalah suatu negara yang makmur dan kaya, oleh karena itu kebudayaannya dapat tumbuh dengan mantap. Tatanan peradabannya dibangun selama berabad-abad denan berbagai karya besar, bangunan piramid, sphinx, huruf hieroglif, obelisk (tugu), kapal laut yang besar, bangunan pemujaan, dan berbagai artifak lainnya. Bangsa Mesir juga mempercayai adanya roh pada diri manusia dan roh ini setelah mati nantinya akan menghuni kerajaan Osiris di alam akhirat. Kepercayaan inilah yang memicu perkembangan peradaban Mesir melalui dibangunnya beraneka macam bangunan monumental.
obelisk adalah
illustrasi : obelisk mesir kuno
Menurut bangsa Mesir kuno, roh dapat disempurnakan di alam akhirat jika jasad manusia mati itu terpelihara dengan baik dan diabadikan dalam bentuk patung, lukisan, atau paling tidak nama yang ditulis dalam peti mati. Di zaman itu kuburan mencerminkan kedudukan sescorang. Para raja yang disebut Firaun secara turun temurun memerintahkan pembangunan piramida sebagai makam mereka.
persembahan Nefertari kepada Ratu Mesir yang diterangkan oleh huruf hieroglif
illustrasi : penggambaran persembahan Nefertari kepada Ratu Mesir yang diterangkan oleh huruf hieroglif
Masa kerajaan Mesir purba berlangsung sekitar 3300-2100 SM. Firaun yang pertama bernama Menes membangun kerajaan Mesir dengan ibukota di Memphis, yang kemudian dipindahkan ke Thebe di sebelah selatan. Sewaktu Menes mangkat dibangun kuburan berbentuk 'mastaba’, sedangkan piramida baru mulai dibangun pada generasi ketiga. Piramida awal ini terletak di dekat Dischur. Kemudian, dibangun piramida bertangga dengan Sakkarah. Piramida-piramida yang besar dan terkenal adalah piramida yang dibangun oleh Firaun Khufu (raja Cheops), Khafara (Chepren), dan Menkere (Mykerenos), kesemuanya dari generasi ke-4 raja-raja Mesir purba (2900-2700SM).
topeng tutankhamen terbuat dari emas
illustrasi: topeng tutankhamen terbuat dari emas
Piramida adalah bangunan berbentuk prisma. Di dalamnya, terdapat sdaluran udara dan lorong-lorong kecil yang menghubungkan ruang-ruang kuburan. Di beberapa lokasi, terdapat sejumlah ruangan yang dipenuhi dengan tulisan hieroglif,  tulisan Mesir kuno yang berupa simbol-simbol bergambar. Di beberapa lokasi lainnya berisi sejumlah harta karun peninggalan raja yang meninggal. Dari segi budaya rupa, kemampuan bangsa Mesir membangun piramida menunjukkan telah dimilikinya peradaban yang tinggi, bbaik dari ilmu geometri, konstruksi, maupun perancangan banunan. Dengan dimensi yang demikian besar, pyramid yang terbua dari susunan batu-batu padat, bangsa Mesir purba telah mampu menunjukkan kemampuan teknologi yang maju di zamannya dibandingkan dengan bangsa lainnya. 
perahu khufu mesir kuno
illustrasi : perahu khufu mesir kuno
Disamping piramida, bentuk budaya rupa Mesir purba lainnya adalah alat-alat kedokteran, candi-candi, patung tembaga, patung perunggu, huruf hieroglif, lukisan dinding, alat pertanian, berbagai bentuk ragam hias yang memenuhi istana, peti mati, pakaian serta peralatan sehari-hari. Ciri utama ragam hias kebudayaan Mesir adalah banyaknya wujud visual berbentuk geometri; garis vertikal dan horizontal; wujud kepala binatang mitologis; warna merah, biru, dan emas; ragam komposisi huruf hieroglif; dan peng gambaran satu muka (pinggir).
 
singgasana tutankhamen raja mesir purba
illustrasi : singgasana tutankhamen raja mesir purba

 
ragam hias dan simbol-simbol mesir kuno
illustrasi : ragam hias dan simbol-simbol mesir kuno


 disadur dari berbagai sumber oleh penulis

Blog, Updated at: 8:33 AM

0 comments:

Post a Comment

silahkan isi komeng di bawah seikhlasnya ^_^

Powered by Blogger.