Selamat datang di blog seni budaya tempat sharing dan download materi seputar seni
BERSAMA MEMAJUKAN BUDAYA LOKAL
Channel Youtube:


Pengertian Sinden atau waranggana

Posted by Kerta Seni on Friday, February 1, 2019

Penyanyi musik tradisi disebut Pesindhén, atau sindhén (dari Bahasa Jawa) adalah sebutan bagi perempuan yang bernyanyi mengiringi gamelan, umumnya sebagai penyanyi satu-satunya. Pesindhén yang baik harus mempunyai kemampuan komunikasi yang luas dan keahlian vokal Yang baik serta kemampuan untuk menyanyikan tembang.
Pesinden juga sering disebut sinden, menurut Ki Mujoko Joko Raharjo berasal dari kata "pasindhian" yang berarti yang kaya akan lagu atau Yang melagukan (melantunkan lagu). Sinden juga disebut waranggana "wara" berarti seseorang berjenis kelamin perempuan, dan "anggana" berarti sendiri. Pada zaman dahulu waranggana adalah satu-satunya wanita dalam panggung pergelaran wayang ataupun pentas klenengan. Sinden memang seorang wanita yang menyanyi sesuai dengan gendhing yang disajikan baik dalam klenengan maupun pergelaran wayang.
Istilah sinden juga digunakan untuk menyebut hal yang sama di beberapa daerah seperti Banyumas, Yogyakarta, Sunda, dan Jawa Timur yang berhubungan dengan pergelaran wayang maupun klenengan. Sinden tidak hanya tampil sendiri dalam pergelaran tetapi untuk saat ini bisa mencapai delapan hingga sepuluh orang bahkan lebih untuk pergelaran yang sifatnya spektakuler. Pada pergelaran wayang zaman dulu, Sinden duduk bersimpuh di belakang dalang, tepatnya di belakang pemain gender dan di depan pemain kendang.

Demikian definisi atau pengertian sinden, disadur dari berbagai sumber, semoga bermanfaat
Pengertian Sinden | Sinden adalah | Sinden yaitu | Pengertian waranggana


Blog, Updated at: 5:12 PM

0 comments:

Post a Comment

silahkan isi komeng di bawah seikhlasnya ^_^

Powered by Blogger.