Monday, January 14, 2013

TARI SAMAN DAN TARI RATEB MEUSEUKAT


Tari Saman adalah tari asli dari daerah Gayo Lues, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.  Biasanya tarian ini ditampilkan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kebersamaan dan kekompakan.
Pada umumnya tari saman ditarikan oleh belasan laki-laki yang jumlahnya harus ganjil. Tarian ini mempunyai dua gerakan dasar yaitu tepuk dada dan tepuk tangan, selain itu tari ini dilakukan dengan posisi duduk bersimpuh dan berlutut dengan barisan rapat. Sangat membutuhkan konsentrasi tinggi dan latihan yang serius karena sulitnya ragam gerak dan ketepatan waktu dalam menarikan tari Saman. Tari Saman telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda sejak tanggal 24 November 2011.
Sekarang di Indonesia khususnya di Ibu Kota Jakarta, tari saman sangatlah terkenal. Banyak perlombaan tari Saman digelar, selain itu tarian ini sangat digandrungi oleh siswi-siswi sekolah menengah se-Jabodetabek.  Namun sebetulnya mereka salah mengartikan, tarian yang dikenalnya dengan Tari Saman itu sebenarnya adalah tari Rateb Meuseukat.
Tari Rateb Meusekat ditarikan oleh sekelompok wanita dengan memakai pakaian adat Aceh. Tari Rateb Meusekat dilakukan dalam posisi duduk dan berdiri, tari ini juga mempunyai gerakan dasar menepuk dada dan menepuk tangan. Pada mulanya Rateb Meuseukat dimainkan sesudah selesai mengaji pelajaran agama malam hari, dan juga sebagai media dakwah. Saat ini, tari ini merupakan tari yang paling terkenal di Indonesia. Keterkenalan tarian ini seperti saat ini tidak lepas dari peran salah seorang tokoh yang memperkenalkan tarian ini di pulau Jawa yaitu Marzuki Hasan atau biasa dipanggil Pak Uki.
Perbedaan utama antara tari Rateb Meuseukat dengan tari Saman ada 3 yaitu, pertama syair lagu tari Saman menggunakan bahasa Gayo, sedangkan tari Ratéb Meuseukat menggunakan bahasa Aceh. Kedua tari Saman dibawakan oleh sekelompok laki-laki, sedangkan tari Rateb Meuseukat dibawakan oleh sekelompok perempuan.  Ketiga tari Saman tidak diiringi oleh alat musik, sedangkan tari Ratéb Meuseukat diiringi oleh alat musik, yaitu rapa’i.

sumber

0 comments:

Post a Comment

silahkan isi komeng di bawah seikhlasnya ^_^